Menit-Menit Sangat Berharga Dalam Hidup

 

Tempat mengadu, meminta, Dan kembali segala urusan bagi orang beriman hanyalah Allah, Rasulullah memberitahukan menit-menit yang sangat berharga untuk menghadap Dan memohon kepada Allah:


1. Waktu sepertiga malam terakhir saat orang lain terlelap dalam tidurnya, Allah SWT berfirman:

"....Mereka para muttaqin sedikit sekali tidur di waktu malam, Dan di akhir malam, mereka memohon ampun kepada Allah." (QS Adz Dzariyat: 18-19).

Rasulullah SAW bersabda: "Rabb (Tuhan) Kita turun disetiap malam ke langit yang terendah, yaitu saat sepertiga malam terakhir, maka Dia berfirman: Siapa yang berdoa kepadaKu maka Aku kabulkan, siapa yang meminta kepadaKu maka Aku berikan kepadanya, Dan siapa yang meminta ampun kepadaKu maka Aku ampunkan untuknya." (HR Al Bukhari)

Dari Amr bin Ibnu Abasah mendengar Nabi SAW bersabda: "tempat yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya adala saat IA dalam sujudnya Dan jika IA bangun melaksanakan sholat pada sepertiga malam yang akhir. Karena itu, jika kamu mampu menjadi orang yang berzikir kepada Allah pada saat itu maka jadilah." (HR At Tirmidzi Dan Ahmad)


2. Waktu antara adzan Dan iqamah, saat menunggu shalat berjamaah

Rasulullah SAW bersabda: "Doa itu tidak ditolak antara adzan Dan iqamah, maka berdoalah!" (HR Ahmad Dan Ibnu Hibban)

Hadits Abdullah bin Amr Ibnul Ash Ra, bahwa Ada seorang laki-laki berkata: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya para muadzin itu telah mengungguli Kita," maka Rasulullah SAW bersabda: "Ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh para muadzan itu Dan jika kamu selesai (menjawab), maka memohonlah, kamu pasti diberi". (HR Abu Dawud Dan Ibnu Hibban)


3. Pada waktu sujud, yaitu sujud dalam shlat atau sujud-sujud lain ang diajarkan Islam. (seperti sujud syukur, sujud tilawah Dan sujud sahwi)

"Kedudukan hamba yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika IA dalam keadaan sujud, maka perbanyaklah DOA." (HR Muslim)
Dan dalam hadits Ibnu Abbas Ra, IA berkata: "Rasulullah SAW membuka tabir (ketika beliau sakit), sementara orang-orang sedang berbaris (sholat ) dibelakang Abu Bakar Ra, maka Rasulullah SAW bersabda; ""Wahai sekalian manusia, sesungguhnya tidak tersisa dari mubasysyirat nubuwwah (kabar gembira lewat kenabian) kecuali mimpi baik yang dilihat oleh seorang Muslim atau diperlihatkan untuknya. Ingatlah bahwasanya aku dilarang untuk membaca Al Qur'an ketika ruku' atau ketika sujud. Adapun didalam ruku', maka agungkanlah Allah Dan adapun di salam sujud, maka bersungguh-sunguhla h berdoa, sebab (hal itu) pantas dimaqbulkan bagi kamu semua." (HR Muslim)


4. Setelah sholat fardhu. Yaitu setelah melaksanakan sholat-sholat wajib yang lima waktu, termasuk sehabis sholat Jumat

Allah berfirman: "Dan bertasbihlah kamu kepadaNya di malam Hari Dan selesai sholat" (QS Qaaf: 40)
"Rasulullah SAW ditanya tentang kapan DOA yang paling didengar (oleh Allah), maka beliau bersabda: "Tengah malam terakhir Dan setelah sholat-sholat yang diwajibkan." (HR At Tirmidzi)


5. Waktu-waktu khusus, tetapi tidak diketahui dengan pasti batasan-batasannya

"Sesungguhnya di malam Hari Ada satu saat (yang mustajab), tidak Ada seorang Muslim pun yang bertepatan pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan urusan dunia Dan akhirat melainkan Allah pasti memberi kepadanya." (HR Muslim)

Dalam kitab Al JAwabul Kafi dijelaskan: "...Jika DOA itu disertai dengan hadirnya kalbu Dan dalam penuh khusyu' terhadap apa yang diminta Dan bertepatan dengan salah satu dari waktu-waku yang ijabah yang enam itu yaitu: (1). Sepertiga akhir dari wakt malam, (2). Ketika adzan, (3). Waktu antara adzan Dan iqamah, (4). Setelah sholat-sholat fardhu, (5) ketika imam naik ke atas mimbar pada Hari Jumat sampai selesainya sholat Jumat pada Hari itu, (6). Waktu terakhir setelah Ashar".

FREE Animations for your email - by IncrediMail! Click Here!

0 Responses to "Menit-Menit Sangat Berharga Dalam Hidup"

Posting Komentar

Free Web Hosting with Website Builder